Wagub Pastikan Warga Sulut di Wamena Aman

loading…

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E Kandouw menjelaskan jika Pemprov Sulut telah bertindak cepat memfasilitasi warganya yang terdampak kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua. SINDOnews/Cahya

MANADO – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E Kandouw menjelaskan jika Pemprov Sulut telah bertindak cepat memfasilitasi warganya yang terdampak kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua.

“Tadi Pak Kaban Kesbangpol, Karo Pemerintahan dan Kepala BPBD Sulut sudah melaporkan bahwa puji Tuhan semua warga Sulut di Wamena dalam keadaan aman, sehat dan tentram,” Kata Wagub Kandouw di ruang kerjanya, Selasa (8/10/2019).

Dia menyebut bantuan yang telah diberikan kepada warga Sulut berupa makanan dan minuman danlainnya. “Itu sudah didistribusikan, untuk bantuan lainnya seperti bantuan natura dan keuangan semua sudah dicover,” beber Kandouw.

Baca Juga:

Tak hanya itu, sesuai perintah Gubernur Olly Dondokambey, tim juga akan kembali ke Wamena dalam waktu dekat ini untuk mengangkut warga Sulut yang ingin pulang ke kampung halaman di Sulut.

“Akan dibantu lewat pesawat Hercules, mungkin 167 orang Sulut yang akan pulang ke Manado. Khusus warga Sulut pihak TNI AU berikan gratis, jadi tidak ada masalah,” ujarnya.

Kandouw juga meminta kepada warga Papua yang ingin menimba ilmu di Sulut agar tidak perlu khawatir. “Kami menyambut baik. Tetap kita satu keluarga ciptaan Tuhan. Silahkan kembali melanjutkan studi kalian di sini, tak ada dendam di antara kita. Orang Papua yang ada di Sulut boleh anggap kampung halaman sendiri. Jadi tak usah ragu berada di Sulut,” pungkasnya.

(nag)