Api Lahap Hutan Pinus di Gunung Andong, Magelang

loading…

Kebakaran hutan di petak 2601 RPH Pagergunung BKPH Smbarawa KPH Kedu Utara, masuk Dusun Sijarani Desa Pagergunung Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. (Foto/Istimewa)

MAGELANG – Kawasan hutan pinus di Gunung Andong dilalap si jago merah. Kebakaran hutan di petak 2601 RPH Pagergunung BKPH Smbarawa KPH Kedu Utara, masuk Dusun Sijarani Desa Pagergunung Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Ketua Nomaden Rescue Tono Pain mengatakan, kebakaran terjadi pada Jumat 13 September 2019 sekira pukul 17.00 WIB. Peristiwa kebakaran itu berawal dari informasi warga yang melihat kepulan asap dan kobaran api.

“Sumber api dari orang yang membakar ranting di tanah Pemajekkan kemudian merembet ke hutan,” kata Tono, Sabtu (14/9/2019).

Baca Juga:

Api dengan cepat berkobar karena tiupan angin kencang. Selain itu, banyak ranting kering sehingga api semakin besar dan menjalar ke sekitar lokasi. Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 4,5 hektare.

“Karena disertai angin kencang, api terbawa angin ke arah selatan membakar rumput kering. Proses pemadaman api dimulai pukul 17.00 WIB sampai 19.30 WIB oleh gabungan tim relawan, Perhutani, polisi, TNI, dibantu warga sekitar,” pungkasnya.

(maf)