Puluhan Rumah di Deliserdang Rusak Diterjang Puting Beliung

loading…

Puluhan rumah warga di Sunggal, Deluserdang dihantam angin puting beliung. Foto/Ahmad Ridwan Nasution

MEDAN – Sebanyak 28 rumah warga di Kecamatan Sunggal Kanan, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, diterjang angin puting beliung. Musibah ini sudah dua kali terjadi di lokasi yang sama. Diduga wilayah tersebut merupakan lintasan angin puting beliung.

Permukiman warga yang terdampak angin puting beliung di Jalan Setia Maju, Dusun 4 Desa Sunggal Kanan, Kecamatan Medan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Jumat pagi (13/9/2019).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deliserdang yang turun ke lapangan mendata, ada lima rumah warga yang mengalami rusak berat. Di antaranya bagian atapnya terbang dan dinding bangunan roboh.

Baca Juga:

Diduga akibat tidak kuat diterpa angin puting beliung yang bersamaan dengan hujan deras. Saat ini korban terdampak angin puting beliung masih memperbaiki rumah mereka.

BPBPD Deliserdang juga sudah menyalurkan bantuan makanan bagi korban. Untuk bantuan material, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

Adapun korban yang mengalami kerusakan parah saat ini mengungsi ke rumah tetangga atau saudara.

Menurut Kepala BPBD Deliserdang, Zaenal Hutagalung mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan untuk korban terdampak bencana angin puting beliung. Dia membenarkan angin puting beliung ini sudah sudah dua kali terjadi di lokasi yang sama.

“Diharapkan warga sekitar untuk waspada jika hujan disertai angin kencang terjadi,” imbaunya.

(rhs)