Kobaran Api Lahap 150 Hektare Lahan di Gunung Merbabu

loading…

Kobaran api membakar hutan di puncak Gunung Merbabu yang terlihat dari Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Foto/Antara/Mohammad Ayudha

SEMARANG – Api yang berkobar di kawasan Gunung Merbabu hingga kini masih belum dikendalikan. Tercatat sekira 50 hektare lahan yang dilalap si jago merah.

“Kalau untuk luasan sampai saat ini kisarannya masih sekitar 100 sampai 150 hektare,” kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Junita Parjanti, Jumat (13/9/2019).

Kobaran Api Lahap 150 Hektare Lahan di Gunung Merbabu

Menurutnya, titik api terpantau di beberapa lokasi dan masih dalam upaya pemadaman. Petugas terus melakukan pemantauan sembari melokaliasi api agar tidak semakin meluas.

“Saat ini hotspot ada di tujuh titik. Kalau lokasinya semua di dalam kawasan (BTNGMb) itu menyebar di zona inti, zona, rehabilitasi, dan zona rimba pun ada,” terangnya.

Baca Juga:

Ratusan petugas gabungan dari berbagai unsur dikerahkan untuk menjinakkan api. Mereka berjibaku dengan alat-alat seadanya melakukan pemadaman secara manual.

“Untuk upaya penanganan sementara ini semua relawan mulai dari Muspika, TNI, BPBD, masih berupaya melakukan upaya pemadaman. Masih dengan cara manual (alat-alat seadanya),” tandasnya.

(shf)