Cegah Stunting, Kominfo Ajak Milenial Kepulauan Aru Kampanyekan Isi Piringku

loading…

Ada berbagai cara mencegah stunting sejak dini, salah satunya mengenalkan generasi milenial dengan konsep Isi Piringku agar memenuhi kebutuhan gizi mereka.

DOBO – Ada berbagai cara untuk mencegah stunting sejak dini. Salah satunya adalah mengenalkan kepada generasi milenial dengan konsep Isi Piringku agar dapat memenuhi kebutuhan gizi mereka.

“Isi Piringku adalah pengganti konsep 4 Sehat 5 Sempurna. Konsep lama tersebut kini tidak lagi mengakomodasi pemenuhan gizi seimbang. Selain menerapkan Isi Piringku, kami juga mengajak masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak,” ujar Kasubdit Informasi dan Komunikasi Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Marroli J. Indarto, di acara forum sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest), Dobo, Kamis (12/9/2019).

Porsi Isi Piringku terdiri makanan pokok yakni sumber kabohidrat dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring. Lalu dilengkapi dengan lauk pauk dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring. Untuk setengah piring lainnya diisi dengan proporsi sayur-sayuran dengan porsi 2/3 dan buah-buahan dengan porsi 1/3.

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui Kampanye Isi Piringku. Padahal dengan menerapkan Isi Piringku, stunting bisa dicegah sejak awal.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mengajak milenial Kepulauan Aru melalui forum sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) untuk mengampanyekan informasi mengenai Isi Piringku. Diharapkan para generasi muda dengan cara-cara yang kreatif bisa menyebarkan dan mengajak sekitarnya untuk menerapkan panduan makan sehat ini.

Tak hanya menerapkan Isi Piringku, diharapkan para remaja juga menerapkan gaya hidup sehat,seperti mencuci tangan pakai sabun, berolahraga, memantau berat badan, dan minum air putih 8 gelas setiap hari.

Dengan cara ini, maka remaja putri masa kini tidak hanya menjaga kesehatan sendiri, tapi juga akan berdampak di masa yang akan datang, dimana mereka akan melahirkan generasi yang sehat dan bebas stunting.

(akn)