Pembentangan Merah Putih 500 Meter di Bawah Laut Raih Rekor MURI

loading…

Pembentangan bendera merah putih sepanjang 500 meter di bawah laut Pantai Boboca Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (15/8/2019) meraih rekor MURI. Foto/Subhan Sabu

MANADO – Korem 131/Santiago prakarsai kegiatan pembentangan bendera merah putih sepanjang 500 meter di bawah laut Pantai Boboca Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (15/8/2019). Kegiatan dalam rangka HUT RI ke 74 ini berhasil raih rekor MURI.

Pembentangan bendera bertema Serbuan Teritorial Selam Kebangsaan itu diikuti 74 orang penyelam sesuai usia kemerdekaan ke 74 RI tahun 2019. Bendera Merah Putih raksasa berukuran 6×500 meter itu dibentangkan di bawah laut oleh jajaran Kodam XIII/Merdeka yang dipimpin langsung Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP MSi.

Pangdam XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang mengapresiasi kegiatan Selam Kebangsaan ini. Selain sebagai sarana komunikasi sosial dengan warga Kota Manado, pembentangan bendera merah putih raksasa di dasar laut ini juga dimaksudkan untuk memasyarakatkan olahraga selam.

Baca Juga:

“Saya sangat mengapresiasi langkah panitia penyelenggara yang telah berupaya keras mewujudkan kegiatan Serbuan Teritorial berupa acara Selam Kebangsaan ini. Juga kepada seluruh pihak terkait yang berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini,” ujar Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang.

Pangdam mengajak seluruh warga untuk memajukan bangsa dengan mewujudkan misi SDM Unggul Indonesia Maju yang menjadi tema peringatan HUT RI ke-74 tahun ini.

“Melalui kegiatan Selam Kebangsaan Pembentangan Bendera Merah Putih Raksasa di Dasar Laut Pantai Malalayang Kota Manado, mari kita renungkan bersama jerih payah para pahlawan pendahulu bangsa,” Kata Pangdam.

Pembentangan Merah Putih 500 Meter di Bawah Laut Raih Rekor MURI

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan bahwa menjadi suatu kebanggaan bagi generasi generasi penyelam dan mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut sepanjang 500 meter dimana momen ini berdampak pada pariwisata di Sulut

“Saya atas nama Pemerintah Sulawesi Utara mengucapkan banyak terima kasih kepada Jajaran Kodam XIII/Merdeka yang sudah menyelenggarakan pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 500 Meter di bawah laut. Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kita terlebih khusus bagi Seluruh Masyarakat di Kota Manado yang kita cintai ini,” jelas Olly.

Kegiatan ini berhasil menorehkan sejarah dan tercatat dalam Rekor Dunia MURI sebagai pembentangan bendera merah putih terbesar di bawah laut. Pengharagaan MURI ini diterima langsung Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Topan Aritonang dan Brigjen TNI Joseph Robert Giri.

Pembentangan bendera Merah Putih ini melibatkan Polair Polda Sulut, Brimobda Sulut, Basarnas, MM Travel, MM Diving Club, 600 siswa-siswi se-Kota Manado yang menyanyikan lagu nasional dari kapal, dan pihak lainnya.

(rhs)