Warga Bantu TNI Bangun MCK Umum di Timika Papua

loading…

Warga Kampung Mandiri Jaya Distrik Wania Timika, Provinsi Papua, antusias membantu prajurit TNI dalam membangun mandi cuci kakus (MCK). Foto/Nathan Making

TIMIKA – Warga Kampung Mandiri Jaya Distrik Wania Timika, Provinsi Papua, antusias membantu prajurit TNI dalam membangun mandi cuci kakus (MCK) pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105. Selama ini, warga di kampung ini tidak memiliki MCK pribadi maupun umum, Kamis (11/7/2019).

Kalau pun ada hanya beberapa keluarga saja, sedangkan sebagian besar warga melakukannya di kali atau sungai. Diketahui bahwa Kampung Mandiri Jaya merupakan kampung yang baru terbentuk sehingga masih minim fasilitas umum.

Minimnya fasilitas umum terutama MCK memacu semangat warga untuk membantu TNI. Warga ramai-ramai membantu mengangkat batu bata, air dan bahan bangunan lainnya.

Baca Juga:

Selama ini pemerintah kurang memperhatikan warga sehingga dengan kehadiran program TMMD masyarakat sangat bersyukur. Pembangunan di kampung tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat dan hanya sebagian kecil yang dibangun pemerintah setempat.

Kampung Mandiri Jaya ini terletak di pinggiran Kota Timika, namun kondisinya sangat memprihatikan. Pembangunan di kampung tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat dan hanya sebagian kecil saja yang dibangun pemerintah setempat.

Tokoh masyarakat Kampung Mandiri Jaya, Elias Murib mengatakan kampung ini belum mendapatkan penanganan secara khusus dari Pemda Mimika. Warga hanya bisa pasra dan bertahan dengan keadaan yang ada.

Masuknya program TMMD ini sangat membantu warga karena menyentuh dan manfaatnya langsung dirasakan masyarakat. “Kami bersyukur TNI melaksanakan program TMMD ke-105 di Kampung Mandiri Jaya dan dibangun tiga MCK,” kata Elias.

(rhs)