Napi dan Tahanan Lapas Pohuwato Bangun MCK, RKB dan Mahyani

loading…

GORONTALO – Meski terletak di bagian barat Gorontalo Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Klas IIB Pohuwato mampu berinovasi, dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Pohuwato.

Buktinya lembaga yang dipimpin Rusdedy, A.md. IP, SH. M.Si ini, berhasil menyukseskan program pembangunan infrastruktur di daerah tersebut, yang dikerjakan oleh narapidana dan tahanan. Mulai dari membanguan MCK, Ruang Kelas Baru di beberapa sekolah hingga ratusan rumah layak huni (mahyani).

Hal ini seperti diungkapkan Kepala Lapas Klas IIB Pohuwato Rusdedy, A.md. IP, SH. M.Si, ketika ditemui diruang kerjanya Rabu (10/07/2019) sore tadi. Ia jelaskan, ini adalah rangkaian dari program Bhakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana, dimana narapidana melakukan sejumlah kegiatan atau pembangunan di lingkungan masyarakat.

Baca Juga:

Tujuan dari pelaksanaan program Bakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana ini, tidak lain untuk hasil karya narapidana yang bermanfaat bagi masyarakat umum. Sebagai bentuk permohonan maaf atas kekhilafan yang dilakukan dan telah mencederai masyarakat, juga wadah atau sarana dalam membangun kemampuan dan kepercayaan diri para warga binaan, untuk dapat berinteraksi kembali secara optimal di dalam lingkungan masyarakat.

“Pagi-pagi sejumlah warga binaan Lapas Pohuwato mulai mempersiapkan diri untuk dibawa oleh sipir ke luar Lapas. Warga binaan atau narapidana dan tahanan ini, diajak serta dikawal untuk melakukan pekerjaan sosial dan infrastruktur berupa pembangunan sejumlah tempat sosial, baik itu MCK, Mahyani, hingga pembangunan RKB sekolah. Contohnya pembangunan sekolah Al Izzah yang ada di Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato,” jelas Rusdedy.

“Dengan mempergunakan seragam tahanan, warga binaan bekerja dengan penuh semangat untuk menyelesaikan apa yang menjadi tanggungjawab mereka,” timpal Rusdedy.

(atk)