Jelang Libur Idul Fitri, Pemohon E-KTP di Disdukcapil Kobar Meningkat

loading…

Menjelang libur panjang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), terus diserbu warga yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). iNewsTV/Sigit Dzakwan

KOTAWARINGIN BARAT – Menjelang libur panjang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), terus diserbu warga yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Operator cetak e-KTP, Sofiana mengatakan, dalam sehari biasanya yang mencetak e-KTP tidak lebih dari 100 orang, tetapi sekarang rata-rata 200 sampai 250 orang. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dari hari biasanya.

“Menjelang liburan dan masa mudik maskapai penerbangan maupun angkutan laut mewajibkan penggunaan e-KTP untuk cek identitas penumpangnya. Kebetulan warga Kabupaten Kotawaringin Barat rata-rata adalah pendatang yang memanfaatkan momen liburan ini untuk mudik ke kota kelahirannya. Inilah yang membuat warga antusias mengajukan e-KTP,” ujarnya, Jumat (24/5/2019).

Baca Juga:

Adapun warga yang melakukan perekaman e-KTP didominasi kalangan usia remaja maupun warga yang bekerja di perkebunan sawit. “Mayoritas yang mengurus buruh sawit yang ingin mudik ke pulau Jawa,” katanya.

(wib)