Jadikan Al-Qur’an sebagai Momentum Pembenahan Diri

loading…

Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar peringatan malam Nuzul Al Qur’an 1440 H/2019 M di Masjid Agung Al Hikmah, Selasa (21/5/2019).

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar peringatan malam Nuzul Al Qur’an 1440 H/2019 M di Masjid Agung Al Hikmah, Selasa (21/5/2019). Pada tahun ini, Pemko mengangkat tema “Melalui Nuzul Al Qur’an kita jadikan Al Qur’an sebagai momentum perbaikan diri untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang agamis dan berakhlak mulia”

Peringatan malam turunnya wahyu Alquran, kitab suci umat Islam ini berlangsung setelah pelaksanaan sholat Isya, Tarawih dan Witir berjamaah. Hadir dalam peringatan tersebut, diantaranya Wali Kota Tanjungpinang Syahrul, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Pj. Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Tengku Dahlan, FKPD, pimpinan OPD, camat dan lurah se-Kota Tanjungpinang.

Syahrul mengatakan malam Nuzulul Quran harus dijadikan sebagai momentum pembenahan diri ke arah yang lebih baik. Ia juga mengajak seluruh umat Islam di Kota Tanjungpinang untuk terus belajar menjadi umat yang berkualitas.

Baca Juga:

“Nuzul Quran yang kita peringati sesungguhnya memiliki makna dan hakikat yang mendalam, yaitu hadirnya sebuah kesadaran spiritual tentang jati diri manusia sebagai hamba Allah dan sekaligus sebagai khalifah-Nya, sebagai hamba Allah kita dituntut untuk menjadi manusia yang selalu mengabdi kepada-Nya,” ujar Syahrul.

Syahrul juga berpesan, agar di malam Nuzulul Quran ini dapat dijadikan sebagai pedoman dan petunjuk untuk bisa membedakan antara kebenaran yang hak dan bathil.

“Miliki sifat yang istiqamah sehingga membuat hidup merasa tenang dan tentram serta menjaga mutu keimanan,” pintanya.

Diakhir sambutannya, Syahrul berharap melalui momentum Nuzul Al-Qur’an akan dapat memperbaiki dan meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap Al-Qur’an, meningkatkan keimanan agar semakin mendekatkan diri kepada sang Khaliq.

“Mari kita wujudkan masyarakat muslim Kota Tanjungpinang yang toleransi, aman dan damai, kita ciptakan tatanan masyarakat yang beriman, berilmu dan rasional sebagai ciri masyarakat religius dan masyarakat madani,” pungkasnya.

Sementara itu, penceramah yang di datangkan dari Kota Batam, Ustad H. Muhammad Chandra juga mengajak umat muslim untuk berlomba dalam kebajikan. Umat muslim harus menjadi inspirator atau orang yang terbaik.

Chandra mengatakan peringatan Nuzulul Quran ini mengingatkan manusia untuk semakin meningkatkan ibadah serta kepedulian sosial. Selain itu, peringatan ini juga mengingatkan pada ajaran Rasulullah yang menggunakan nilai universalitas Alquran untuk mengubah bangsa Arab menjadi bangsa maju.

“Alquran membawa misi perubahan yang memungkinkan masyarakat mewujudkan peradaban baru berkat kemampuan mengembangkan iptek dan pengamalan hukum-hukum Ilahi, baik yang termaktub dalam kitab suci maupun yang terbentang di alam raya,” ungkapnya

Selain itu, Chandra juga menyatakan, Alquran mengajarkan masyarakat untuk saling bekerjasama dan tolong menolong. Alquran juga mengajarkan umat untuk bekerja keras sehingga dapat mengubah nasib menjadi lebih baik.

“Untuk mencapai ketakwaan yang menjadi tujuan ibadah puasa, lanjutnya, kaum muslim perlu mengevaluasi puasa yang telah dijalankan. Sudah sesuai dengan ketentuan fiqih atau belum, jika belum, segeralah memperbaikinya,” lanjut Chandra.

Diakhir tausyiahnya, Chandra kembali mengajak masyarakat untuk menjadikan peringatan Nuzulul Quran sebagai momentum memperbaiki interaksi dengan Alquran dan meningkatkan kualitas interaksi dengan kitab suci tersebut, bukan sekadar membacanya pada tingkatan ibadah.

“Tetapi juga pada perenungan atau penggalian hikmah dan isyarat-isyarat dalam Alquran. Dengan cara itu, kita dapat menerjemahkan nilai-nilai universalitas Alquran yang diyakini sebagai pandangan hidup dan petunjuk bagi kehidupan manusia sehingga dapat menjadi petunjuk bagi arah perjalanan bangsa ini,” ajak Chandra yang mengakhiri tausyiahnya dengan berdoa bersama.

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga memberikan bantuan kepada Masjid Agung Al Hikmah, bantuan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Pos Hibah Bansos pengajuan tahun anggaran 2018 sebesar Rp 100 juta yang diterima langsung oleh Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Agung Al Hikmah, H. Abdul Razak AB serta dilakukan pemberian santunan kepada kaum duafa, fakir miskin dan anak-anak yatim piatu atas kerjasama PT Pelindo dan Dewan Masjid Indonesia Kota Tanjungpinang.

(akn)