ASDP Siapkan Puluhan Kapal Besar, Loket hingga Dermaga Eksekutif untuk Pemudik

loading…

Jelang arus mudik lebaran Idul Fitri tahun 2019 PT ASDP Cabang Bakauheni telah menyiapkan beberapa fasilitas untuk melayani lonjakan penumpang saat arus mudik nanti seperti puluhan kapal besar dan puluhan loket. Foto iNews TV/Heri F

BAKAUHENI – Jelang arus mudik lebaran Idul Fitri tahun 2019 PT ASDP Cabang Bakauheni telah menyiapkan beberapa fasilitas untuk melayani lonjakan penumpang saat arus mudik nanti. Puluhan kapal besar dan puluhan loket telah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Hasan Lessy mengatakan, pada arus mudik tahun ini ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu telah dioperasikannya Dermaga Eksekutif Bakauheni yang terintegrasi dengan Jalan Tol Trans Sumatera.

“Pelayanan dermaga ini berbeda dengan dengan dermaga regular yang biasa dioperasikan pelayaran di Dermaga Eksekutif dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak kurang lebih hanya 1 jam,” kata dia.

Baca Juga:

Sementara untuk persiapan dalam menyambut arus mudik tahun 2019 ini dalam meningkatkan pelayanan ASDP Cabang Bakauheni juga telah menambah beberapa fasilitas yaitu penambahan armada dengan disiapkan ada 68 kapal.

“Sehari dipersiapkan 33 kapal untuk dermaga reguler 30 kapal dan untuk eksekutif 5 kapal. Sedangkan loket untuk penumpang reguler 20 unit untuk penumpang eksekutif 5 unit.Sementara untuk tollgate kendaraan roda 2 ada 25 unit, untuk kendaraan roda 4 untuk penumpang reguler 16 unit dan untuk penumpang eksekutif 7 unit,” katanya.

PT ASDP Cabang Bakauheni juga memprediksi pada arus mudik tahun ini penumpang meningkat sekitar 15 persen.

“Prediksi peningkatan penumpang pada tahun ini ada di kendaraan roda dua hal ini di sebabkan tren mudik menggunakan sepeda motor semakin diminati sebab harganya murah dan terjangkau,” timpalnya.

Sementara itu ASDP Bakauheni juga memprediksi puncak arus mudik dan arus balik di Pelabuhan Bakauheni terjadi pada H minus 3 dan H plus 3 lebaran.

“Kita mengimbau para pengguna jasa bahwa transaksi pembayaran di Pelabuhan Bakauheni telah menggunakan uang elektronik sejak Agustus 2018 lalu. Untuk para pemudik untuk mengisi saldo uang elektroniknya di tempat-tempat pengisian sebelum tiba di pelabuhan,” ujarnya.

(sms)